KEWAJIBAN ZAKAT DI BULAN RAMADHAN

Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan untuk setiap muslim yang hidup pada bulan Ramadhan. Seorang muslim atau badan usaha milik orang islam yang memiliki kewajiban menunaikan zakat disebut Muzaki. Sedangkan orang yang berhak menerima zakat disebut Mustahik.

Zakat fitrah yang ditunaikan berupa beras atau makanan pokok sebesar 2,5 kg atau 3,5 liter per individu atau dapat diganti dengan uang senilai harga beras atau makanan pokok tersebut. Beras atau kebutuhan pokok yang dizakatkan harus dalam kondisi baik atau layak. Waktu menunaikan zakat fitrah adalah sejak awal dimulainya bulan Ramadhan hingga paling lambat sebelum dilaksanakannya sholat idul fitri.

Bagi orang yang berzakat, Allah akan memberikan pahala yang besar sesuai firmannya dalam QS. AN-Nisa’ Ayat 162:

لٰكِنِ الرّٰسِخُوْنَ فِى الْعِلْمِ مِنْهُمْ وَالْمُؤْمِنُوْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَالْمُقِيْمِيْنَ الصَّلٰوةَ وَالْمُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالْمُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ اُولٰۤىِٕكَ سَنُؤْتِيْهِمْ اَجْرًا عَظِيْمًاࣖ ۝١٦٢

“Akan tetapi, orang-orang yang ilmunya mendalam di antara mereka dan orang-orang mukmin beriman pada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad) dan pada (kitab-kitab) yang diturunkan sebelummu. (Begitu pula) mereka yang melaksanakan sholat, yang menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah serta hari akhir. Kepada mereka akan Kami berikan pahala yang besar“(QS. AN-Nisa’: 162).


Yang berhak menerima zakat antara lain: 
1. Fakir
2. Miskin
3. Amil zakat
4. Mualaf
5. Riqab
6. Gharim
7. pejuang fi Sabilillah
8. Ibnu sabil

Tahun ini saya berzakat di masjid dekat rumah dan saya berharap zakat saya dapat membantu dan dapat diterima oleh orang yang berhak menerima zakat. Saya berzakat bersama anggota keluarga saya yang lain dengan menyumbangkan beras sesuai dengan takar ini yang sudah ditetapkan. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi 5: STRATEGI MENUMBUHKAN CRITICAL THINKING ABILITY UNTUK MENENTUKAN SOLUSI TERBAIK

Berawal dari Sekolah Perawat, Kini Unusa Jadi Ikon Pendidikan Kesehatan di Jatim