Materi 4: UNUSA DALAM GENERASI ASWAJA AN NAHDLIYAH

 

 

Oleh: KH. REZA AHMAD ZAHID. 

pengertian ahlussunnah wal jamaah sunnah secara bahasa adalah suatu jalan walaupun tidak diridhoi. sunnah secara syara' adalah jalan yang diridhai Allah yang ditempuh dalam agama yaitu ditempuh oleh Rasulullah saw dan yang lainnya yang paham terhadap agama, dan kalangan para sahabat. 

Pengertian Ahlus Sunnah wal jamaah adalah golongan yang berpegang teguh dengan Alquran dan Sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahami dan mengamalkan Islam.

Pengertian Nahdlatul ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham ahlussunnah wal jamaah dan terbentuk pada tahun 16 Rajab 1344 atau 81 Januari 1926 di Surabaya yang lahir di pesantren, pendirinya adalah KH. Hasyim Asy'ari beserta para kyai yang lainnya.

Tradisi NU dalam madzhab:
secara spesifik, NU merumuskan Aswaja sebagai sebuah mazhab yang dalam beraqidah mengikuti salah satu dari dua imam yaitu Al Asy'ari dan Al maturidi. Dalam imam berpikir ada imam Hanafi Maliki Syafi'i dan Hambali. Dan dalam bidang tasawuf mengikuti salah satu dari dua imam yaitu Al Junaid atau Al Ghazali.

Ada 4 dasar prinsip NU: 
-  Moderat
- Toleransi
- Adil dan tegak lurus
- Keseimbangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi 5: STRATEGI MENUMBUHKAN CRITICAL THINKING ABILITY UNTUK MENENTUKAN SOLUSI TERBAIK

Berawal dari Sekolah Perawat, Kini Unusa Jadi Ikon Pendidikan Kesehatan di Jatim

KEWAJIBAN ZAKAT DI BULAN RAMADHAN